Wednesday, November 14, 2012

Mahasiswa Galau dengan Sarjana S1

Mahasiswa galau dengan S1? Ya mungkin itu yang benar, saat ini sedang terjadi pada mahasiswa yang sudah melewati masa kuliah di sebuah universitas. Stelah menyelesaikan masa studi di kampus, coba kita bertanya ke mereka, Setelah lulu kuliah ini mau kemana? Mungkin ada sebagai dari mahasiswa akan menjawab "Ya cari kerja, minimal jadi KARYAWAN di sebuah perusahaan, atau ya meneruskan pekerjaan orang tua (misalnya orang tuanya mempunyai sebuah swalayan, ya minimal duduk di meja kasir atau bantu membungkus barang belanjaan), atau ya masuk dalam Seminari, atau mencari beasiswa kepada perusahan-perusahaan yang memberikan beasiswa kepada seseorang setelah mendapatkan gelar S1. Itulah jawaban mahasiswa sekarang.
Sebenarnya, kita sendiri bisa membuat sebuah terobosan yang baru atau sebuah inovasi terbaru di dunia ekonomi. Kita bisa wirausaha (membuat sebuah pekerjaan baru), dimana dengan kita berwirausaha, kita mampu mengurangi tingkat pengangguran yang sekarang makin membesar angkanya di Indonesia. Bisa lihat sendiri, di Indonesia tingkat pengangguran makin membesar. Sebenarnya begini, orang - orang di Indonesia itu mau bekerja, tapi mereka terkadang mereka dapatkan sebuah pekerjaan itu bukan yang dia minati. Misalnya seseorang mahasiswa mendapatkan gelar SE, tapi apa dia mendapatkan pekerjaan menjadi Tour Guide di tempat dia tinggal. Itulah kenapa banyak orang-orang di Indonesia menganggur. Semakin banyak mereka menganggur, makin besar juga jumlah peningkatan pengangguran yang ada di Indonesia.
Apa mau Indonesia kita yang tercinta ini yang penuh dengan sumber daya alam ini menganggur? Pasti jawabannya tidak. Nah, kita sebagai orang-orang muda mampulah kita bersosialisasi dan berdinamika dengan orang yang berada di sekitar kita. Supaya kita mampu untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan mampu mengurangi jumlah pengangguran yang semakin pesat di Indonesia.
Jujur aja, saya sebagai orang muda malu dengan banyaknya orang menganggur. Itu kenapa terjadi, karena Pemerintah hanya menganggap gampang dengan masalah pengangguran. Orang-orang Indonesia sebenarnya pintar, cerdas. Tapi, mereka tidak di berikan kesempatan untuk menunjukkan bahwa saya ini Orang Indonesia. Karena menganggap Orang Indonesia tidak mampu untuk bersaing dengan negara Amerika, China, Rusia dll.
Memang benar masalah yang pertama yang ada di benak kita itu, yaitu modal awal, lahan yang kita minati untuk membuka sebuah lahan pekerjaan, rasa minder kepada orang lain. Jangan kuatir, masalah itu akan tersingkir dengan perlahan kalau kita mau memperjuangkan ide kita (jika kita pengen wirausaha).
"Orang-orang yang merencanakan untuk kuliah dan mengharapkan gelar sarjana ialah 
orang-orang yang merencanakan untuk menjadi pengangguran" itu kata dari pak Made Ngurah Bagiana
(beliau adalah pemilik dari Edam Burger’s). 

Ada langkah-langkah jika kita pengen berwirausaha:
1 Putusin Urat Malu (kita harus berani berbuat sesuatu dan berani untuk nahan malu)
2.The Power of Kepepet (97% orang termotivasi dalam kondisi kepepet)
3.Habiskan jatah gagalmu (Memulai sebuah bisnis mulailah dengan yang kecil, supaya jika kita dapat pekerjaan yang besar, kita tidak kaget)
4.Libatkan Tuhanmu (kalau dihina, lanjut terus. Tidak usah di masukkan kedalam hati, malah galau nanti)
5.Tekun dan Fokus
6.Mulailah sekarang (yang kita tunggu bukan gelar sarjana, tapi gelar dagangan lebih penting)
Terlalu banyak peluang dimana-mana, tapi kita tidak peka dengan hal BISNIS.

Sekian dari saya, mudah-mudahan bisa menambah informasi buat teman-teman... Terima Kasih dan GBU FOREVER

Briant "Half Boiled" Hartanto

No comments:

Post a Comment