Friday, November 23, 2012

Lembaga Kampus dan Mahasiswa

Lembaga adalah sebuah organisasi yang berada dalam sebuah kampus, dimana mahasiswa dan mahasiswi ikut berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kampus. Dalam lembaga, biasanya mereka memberikan sebuah pelatihan atau mengadakan sebuah event yang turut menjadi peserta dari kampus-kampus lain. Lembaga mempunyai struktur kepanitiaan, dimana terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara (sebagai panitia inti), dan ada beberapa divisi-divisi yang ikut berperan dalam sebuah lembaga. Setiap divisi mempunyai program kerja yang mereka buat untuk dilaksanakan. Contohnya seperti Divisi Humas. Divisi humas dimana mereka membuat proker tentang Makrab(malam keakraban), menjalin kerja sama dengan kampus-kampus lain, membuat pelatihan dasar kepimpinan di setiap kampus. Tapi, terkadang proker yang mereka sudah susun, banyak dari mahasiswa-mahasiswa tidak turut aktif dalam event yang mereka buat.
Sebenarnya lembaga itu penting di dalam sebuah lembaga. Dimana mahasiswa bisa mengembangkan soft skill yang mereka punya dan melatih kerja sama tim. Tapi, terkadang ada lembaga yang dimana yang hanya menganggap enteng dengan proker-proker yang dibuat dan akibatnya mahasiswa yang ikut dalam sebuah lembaga itu terkena dampak yang negatif. Sebgai contohnya juga dimana divisi humas lalai dalam menjalankan tugasnya, yang menjadi korbannya adalah mahasiswa yang turut berperan. Jika divisi itu sudah mendapatkan masalah dan mahasiswa menjadi korbannya, terkadang Ketua membiarkannya. Itu bisa di katakan menjadi hal yang patut kita pertanyakan. Kenapa temannya sendiri terkena masalah dan tidak membantu temannya untuk menyelesaikan masalah tersebut? Terkadang itu harus di pertanyakan dan menjadi catatan dalam kinerja kepengurusan dalam sebuah lembaga. Bisa dikatakan sebagai tujuan yang gagal di capai bersama. Bisa juga dikatakan, di dalam sebuah lembaga itu, mereka menganggap remeh dengan apa yang mereka rencanakan bersama.
Itulah kenapa di lembaga membutuhkan sebuah lembaga yang eksekutif, supaya membantu lembaga yang lain jika lembaga tersebut mendapatkan sebuah masalah. Jika masalah kecil dibiarkan begitu saja, maka masalah yang besar dengan gampang “menyerbu” lembaga yang bermasalah. Hanya terkadang “Mereka” hanya menyepelekan masalah yang mereka hadapi. Itulah kenapa, dikatakan Lembaga membutuhkan mahasiswa untuk berdinamika di dalam, tetapi mahasiswa menganggap Lembaga hanya membuang waktu mahasiswa untuk bersenang-senang. Itulah negatifnya mahasiswa sekarang. Perlu kita ketahui bahwa Soft Skill yang di berikan Tuhan ke kita itu sangat penting untuk kita asah dan kita kemabangkan. Apa kita mau pendidikan sudah kita tempu atau mendapatkan IPK cumlaude, tetapi di dunia kerja kita hancur dalam komunikasi? Itulah yang diperlukan mahasiswa di zaman sekarang. Mereka bisa untuk ikut serta dalam organisasi yang berada di kampus atau di luar kampus. Sekedar saran saja, mahasiswa harus berlomba-lomba mencari organisasi yang bisa mengasah soft skill mereka. Dengan begitu, disaat mereka terjun langsung ke dunia kerja, mereka bisa teamwork (kerjasama) dan bisa bekerja di bawah tekanan dalam dunia kerja.
 Marilah buat teman-teman mahasiswa, bergabunglah bersama dengan Lembaga yang berada di dalam kampus atau yang berada di luar kampus. Supaya skill yang kamu punya, bisa di asah sebaik mungkin dan bisa di realisasikan di dunia Kerja.

No comments:

Post a Comment